Breaking News
Loading...
,

Day of the Dead

Share on Google Plus

Kalau yang sering nonton film, mungkin sering menemui scene yang menampilkan tradisi "Day of the Dead". Saya nemuin di film seri Criminal Minds di Season 1 dan di film layar lebar The Book of Life.




Day of the Dead,dalam bahasa spanyol Día de Muertos adalah hari raya mexico. Pada hari ini, keluarga dan para sahabat berkumpul dan berdoa bersama untuk mengenang kerabat dan sahabat yang telah meninggal. Tau nggak, pada tahun 2008, tradisi ini didaftarkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Ternyata tradisi yang mirip dimiliki juga oleh negara lain,

  • Cengbeng (Qingming Festival) - dirayakan di china dan orang keturanannya yang tersebar didunia.
  • Bon Festival - dirayakan kaum Budhist di Jepang.
  • Chuseok - dirayakan di korea.


Oya.. kalau kalian perhatikan, La Muerte, karakter di The Book of Life 2014, tampil dengan gaya Catrina, figure yang paling populer pada acara Day of the Dead di Mexico.

Sedikit mengenai Catrina, karakter ini diciptakan pada tahun 1910-1913, oleh mexican illustrator José Guadalupe Posada. Posada membuat karakter Catrina ini sebagai portrait satire bagi kaum mexico asli yang sangat ingin mengadopsi budaya eropa aristrokat.

Wah.. ternyata kalau kita mau menggali lebih dalam dari sebuah film, banyak hal yang bisa kita dapatkan yah.. seperti sudah berjalan-jalan keliling dunia.. :)

You Might Also Like

0 comments

About me

Mengisi waktu luang dengan film seri atau film layar lebar. Disela adegan, kadang ada hal yang menggelitik rasa ingin tahu, apa mobil yang dipakai, pistol apa yang dipakai, jam tangan apa itu, dan seterusnya...

Maka terciptalah blog ini.. semoga isinya bisa bermanfaat, bila ada saran, masukan, perbaikan.. pls don't hesitate to leave any comment.