Breaking News
Loading...

Mendeteksi Bercak Darah - Luminol

Share on Google Plus



Yang suka film seri Dexter, tentu sudah melihat aksi Dexter di Season 5, dimana dia bersama lumen mendeteksi jejak darah dengan menggunakan cairan yang disemprotkan. Setelah riset di internet mengenai forensik, ternyata cairan yang dimaksud adalah Luminol.

Luminol dapat mengungkapkan jejak darah yang telah dihapus, penyidik akan memotret atau merekam bekas darah di TKP untuk merekam pola. Biasanya, luminol hanya menunjukkan penyidik bahwa mungkin ada darah di daerah yang diperiksa, namun perlu penyidikan lebih lanjut apakah betul itu darah, karena zat-zat lain, termasuk pemutih rumah tangga, juga dapat menyebabkan luminol untuk bersinar. Peneliti berpengalaman dapat membuat identifikasi yang dapat diandalkan berdasarkan seberapa cepat reaksi terjadi, tetapi mereka masih harus menjalankan tes lain untuk memastikan bahwa itu benar-benar darah manusia.

Luminol sendiri biasanya tidak akan memecahkan kasus pembunuhan. Ini hanya satu langkah dalam proses investigasi. Tapi dapat mengungkapkan informasi penting, misalnya, pola hujan rintik-rintik darah tersembunyi dapat membantu peneliti menemukan titik serangan dan bahkan apa jenis senjata yang digunakan (contoh pola darah akibat tembakan peluru akan sangat berbeda dari pisau). Luminol juga dapat mengungkapkan samar jejak tapak sepatu yang berdarah, yang memberikan peneliti informasi berharga tentang penyerang dan apa yang dia lakukan setelah serangan.

Dalam beberapa kasus, luminol menyebabkan peneliti untuk lebih banyak bukti. Sebagai contoh, jika luminol mendeteksi jumlah jejak darah di karpet, peneliti dapat menarik karpet dan menemukan banyak darah terlihat di papan lantai bawah.

Satu masalah dengan luminol adalah bahwa reaksi kimia dapat merusak bukti lain di TKP. Untuk alasan ini, peneliti hanya menggunakan luminol setelah menjelajahi banyak pilihan lain. Ini jelas merupakan suatu alat yang berharga untuk pekerjaan polisi, tapi itu tidak cukup lazim dalam penyelidikan kejahatan seperti yang disajikan pada beberapa acara TV. Polisi tidak berjalan ke TKP dan mulai penyemprotan luminol pada setiap permukaan terlihat.

Nah mungkin sedikit bahasan mengenai luminol ini membantu kita lebih menikmati film seri dexter ;)

Ingin tau lebih lanjut mengenai luminol, silakan kunjungi link berikut http://science.howstuffworks.com/luminol.htm

You Might Also Like

0 comments

About me

Mengisi waktu luang dengan film seri atau film layar lebar. Disela adegan, kadang ada hal yang menggelitik rasa ingin tahu, apa mobil yang dipakai, pistol apa yang dipakai, jam tangan apa itu, dan seterusnya...

Maka terciptalah blog ini.. semoga isinya bisa bermanfaat, bila ada saran, masukan, perbaikan.. pls don't hesitate to leave any comment.